Sabtu, 24 Maret 2012

CROCODILE SKINK

Carettochelys insculpta juga dikenal dengan sebutan pitted-shelled turtle atau fly river turtle. Kura ini adalah salah satu spesies kura kura air tawar asli di Australia dan Papua. Spesies ini hanya memiliki anggota hidup dari keluarga Carettochelyidae, dan satu-satunya spesies yang dikenal di Carettochelyinae subfamili dan genus Carettochelys, namun ada beberapa spesies yang telah punah. Kura moncong babi ini sendiri sekarang sudah mulai sulit dicari. Di pusat-pusat ikan hias atau reptile pun juga rada susah menemukannya.

Kura Moncong Babi tidak seperti kura air yg lain, dia adalah perenang terbaik yang bisa berada di air dalam kurun waktu yg sangat lama.
Kura-kura ini memiliki karapas yang berwarna abu-abu atau olive(kuning kehijau2an) serta memiliki tekstur yang kasar, dan memiliki pastron yang berwarna cream. memiliki kaki-kaki yang menyerupai penyu laut dimana memiliki sirip. Hidung seperti babi yang memiliki lubang hidung di ujung moncong hidungnya.
Cara membedakan Jantan dan Betina adalah ekor Jantan lebih panjang dan sempit.
MonBi dapat tumbuh besar sekitar 70 cm shell(karapas-pastron) dan mencapai berat 20 kg. Dia adalah omnivora yang memakan tanaman, hewan, buah, serangga dan crustaceans seperti udang, lobster dan kepiting. Mereka juga memakan hewan mati apapun yang diendusnya dan dirasa bisa dimakan. Tiap MB berbeda-beda selera makannya. Akan tetapi MB lebih memilih ikan sebagai santapannya.
Kura MB mencapai dewasa pada 18 tahun(Betina) dan 16 tahun(Jantan). Dan Betina bertelur di akhir musim kemarau di tepi sungai yang berpasir, serta kabarnya telur menetas apabila dibanjiri air dan apabila akan terjadi badai yang konon katanya memicu getaran didalam telur yang memberikan petanda bayi-bayi MB untuk segera menetas di saat hujan.
Perawatannya mudah, makanannya bisa dikasih ikan, tapi juga bisa diselingi pellet sedikit agar tidak begitu boros. Jemur 2X seminggu. Dan kebersihan kolam atau aquarium harus tetap terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More