Jumat, 02 Maret 2012

TUGU PAHLAWAN

Tugu pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi landmark kota Surabaya. monumen ini memiliki tinggi 45meter dan berbentuk paku terbalik. Tubuh monumen ini berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 lengkungan dan terdiri atas 11 ruas. Tinggi, lengkungan, dan jumlah ruas ternyata mengandung makna 10 November 1945, yaitu tanggal bersejarah bagi kota Surabaya maupun Negara Indonesia ini. Tugu ini dubangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 dimana Arek-arek Surabaya berjuang melawan sekutu dan Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peistiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan. Lokasi monumen ini berada di tengah kota di ajalan pahlawan, Surabaya. Tugu ini merupakan titik 0 (nol) kilometer kota Surabaya. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektar.
Ditempat ini juga bagus buat foto-foto,  bareng kawan-kawan. Pasti nih masih banyak anak yang mengira apa sih asiknya ke tugu pahlawan. Dulu waktu masih kelas 10 SMA, kebanyakan teman ku juga mengira begitu, tapi setelah aku ajak ternyata mereka sangat menikmati dan malah kerasan disana jeprat-jepret. Dan inilah hasil kami berfoto-foto ria. Mungkin bisa timbul keinginan untuk datang ke tugu pahlawan setelah melihat fot-foto ini.

Yah itu hanya beberapa dan hanya di 2 spot foto. Sebenarnya masih banyak sisi-sisi menarik yang ada di tugu pahlawan ini. Di bagian samping banyak terdapat patung para pahlawan, meriam, mobil penembak dan ada juga makam tanpa nama. Jangan salah, makam ini tidak seperti makam biasa, makam ini keren, asik deh buat foto-foto. Yah kalau buat anak-anak yang memang suka atau hobby jeprat-jepret yang masih duduk di bangku sekolah, SMP dan SMA, cukuplah kalau tempat ini buat foto-foto. Apalagi kalau rame-rame.
Di tugu pahlawan ini juga terdapat sebuah museum bawah tanah. Museum ini menyimpan foto-foto dokumentasi, foto-foto untuk mengenang jasa para pahlawan, terdapat juga senjata-senjata saat peperangan, ada juga replica bung tomo yang berpidato dan membakar semangat arek-arek suroboyo untuk berjuang, dan di sini juga terdapat suatu theater yang wajib untuk ditonton.
Tiket masuk ke museum ini seingat saya hanya 2000 rupiah, namun ada jam bukanya sendiri. Jalan ke tugu pahlawan ini sangatlah mudah, arek-arek Surabaya pasti sudah tahu. Kalau naik angkot, semua angkota dan bus kota jurusan jembatan merah melewati tugu pahlawan.
Oh ya, “TP PAGI” alias tugu pahlawan pagi yaitu tempat sekeliling tugu pahlawan kalau pagi. Di sini biasa dijadikan tempat jualan pakaian-pakaian second alias bekas. Tapi jangan salah, barangnya bagus-bagus dan kalau anda beruntung anda bisa mendapatkan barang ternama dengan harga murah. Tapi ya itu, harus pandai menawar. Tawarlah semurah-murahnya. Asik lho tawar menawar itu, apalagi kalau kita bisa mendapatkan barang yang bagus nan murah, pasti bangga.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More