Selasa, 28 Mei 2013

Pengabdian Profesi H1 Sesi 2

Berlanjut ke postingan berikutnya. Di pengmas H1 part2.

Di sesi 2 ini materi disampaikan kepada kelas 8. Setelah ploting tempat pemandu dan panitia, saya mendapatkan di kelas 8B bersama pemateri pertama yaitu Andreas. Dan ketika andreas menyampaikan materi, saya tidak merasa cocok dengan teknik penyampaiannya. Terlalu kaku (sori ndre Cuma kritik). Karena hal tersebut kelas jadi tidak antusias dan membosankan. Saya pun jadi malas untuk membangkitkan suasana kelas. Saya memperhatikan kelas dibeakang saya, kelas 8A. Di kelas itu malah SSnya ada yang bermain bola. Saya pun memikirkan nasib pemandu dan pemateri dikelas itu. Kasihan. Namun dikelas 8B yang saya pandu kali ini juga memiliki potensi memperhatikan dan antusias yang cukup tinggi. Namun karena pemateri yang terlalu kaku, mereka jadi tidak all out mengeluarkan potensi mereka. Sekali lagi sori ndree yooo. Hehe pis men.

Setelah materi pertama ini saya keluar kelas dan ipul dan muflih meminta saya untuk menjadi pemandu di kelas 8A yang tadi saya lihat sampai ada yang main boa di kelas. Saya pun langsung negative thinking akan kelas ini. dan ternyata ketika kita masuk. Feeling saya benar. Susah diatur. Ketika muflih mengatakan, “jika saya bilang selamat pagi! Maka kalian harus menjawab dengan, pagi! Pagi! Pagi!”. Aku dan ipul pun berpendapat, walah salah ini flih, bukan pada porsi mereka. Dan ternyata benar, karena ucapan muflih tersebut SS ada yang menjawab, “aalay maas”. Haha, aku pun hanya tersenyum dan tertawa dalam hati, lucu muflih iki.

Dan ketika materi disampaikan oleh muflih dan ipul, saya hanya bisa menekan tombol next and preview. Susah sekali mengatur mereka, terutama bagian belakang yang tidak menerima dan tidak mempedulikan kedatangan kami. Selain itu muflih dan ipul juga tidak bisa membawa suasana kelas. Namun ada juga yang masih antusias dan bisa menjawab pertanyaan dari pemandu dan mendapatkan Oreo dari saya.

Ternyata diam diam ipul bertanya kepada penduduk kelas. Dan hasil yang didapat mengapa SS disini susah diatur itu Karena kelas ini adalah kelas bilingual no.1 di kelas 8. Ketika materi selesai, saya dan pemateri langsung meninggalkan kelas dengan sebelumnya memberikan pesan kepada SS yang masih mendengarkan ucapan dari kami.

Setelah materi ke-2 ini adalah jam istirahat dan sholat. Dan kami masuk basecamp bercerita kepada teman teman panitia yang lainnya. Dan plotting lagi untuk menentukan pemateri dan pemandu dimasing masing kelas untuk materi ke-3. Hasil plotting adalah kelas 8A didampingi oleh melisa dan materi oleh theo prastomo. Awalnya saya menyangka wah jadi apa ini kalau kaya gini. Namun ternyata saya salah. Mereka sukses besar di kelas 8A ini.

Awalnya SS 8A juga susah untuk diatur, namun setelah melisa berdiri dan mengucapkan beberapa kata; “dek saya dari SMP 6, saya SMA 5”. Mereka pun langsung terdiam dan berkta pelan, “eh SMA 5 rek, dengerin dengerin”. Dari hal ini saya mendapatkan sesuatu yang bermakna tapi ga usah disebutin.

Oke crita mereka selesai, sekarang cerita saya. Saya mendapatkan kelas 8B bersama Dedy yang menggantikan Endang karena tidak bisa menjadi pemateri karena ada kuliah. Nah, Karena saya klop dengan Dedy, di kelas yang tadinya saya Cuma diam, sekarang saya mulai beraksi. Disini saya juga berperan menyampaikan materi meskipun hanya melengkapi materi yang kurang yang disampaikan dedy. Tapi menurut saya itu lumayan buat ngeksis. Banyak hal asyik disini yang sekarang saya sudah mulai lupa. Mulai dari kabel LCD yang tergantung amal ibadah sampai ecosounder menjadi hal yang terkenang di kelas ini olehku. Dengan cara penyampaian yang atraktif, menarik, analogi, lucu dan bersahabat inilah yang menjadikan kami diperhatikan oleh kelas ini. dan disinilah permen satu kantong saya habis karena saking antusiasnya mereka. Tiba korlap datang ke kelas ini dan meminta untuk segera diakiri materinya, namun aku dan dedy menolak, karena dikelas ini kami merasa nyaman menyampaikan materi dan memiliki feel yang bagus akan kelas ini.

Setelah materi selesai, saya berjanji agar esok hari saya masuk kelas ini lagi bersama dedy. Namun janji ini tidak terpenuhi karena keesokan hari ternyata hanya ada refiem dan langsung pembuatan peta. Maaf kami sampaikan kepada 8B Songolas.

Sebenarnya materi ke-3 adalah materi terakhir di hari ini, namun bapak kepala sekolah meminta agar kami juga mengisi materi di kelas 19 terbuka. Kami pun mau namun tidak semua bisa. Termasuk saya, karena saya sudah berencana mengerjakan tugas perencanaan wilayah. Karena saya tidak ikut berpartisipasi pada saat itu, saya tidak bisa bercerita.
Next to day two.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More