Senin, 26 Maret 2012

IGUANA

Iguana hijau merupakan salah satu anggota keluarga Iguana ( Iguanidae ) . Reptil ini banyak ditemukan di negara - negara seperti Meksiko , Brasil bagian selatan , Paraguay , sampai ke Kepuluan Karibia. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname. Iguana hijau jika dipelihara dengan baik dapat mencapai umur sekitar 20 tahunan dan panjang 1,8 meter.
Binatang yang termasuk kelompok kadal ini kebanyakan hidup di hutan hujan, dan daerah lembab yang dekat dengan sungai, danau, atau sumber lain. Bermodalkan jari dan kuku - kukunya yang panjang, binatang ini bisa ditemukan hidup di dahan - dahan pohon  yang tingginya 100 meteran dari permukaan tanah.


Fakta mengenai Iguana Hijau
Penyendiri
Iguana hijau dikenal sebagai binatang penyendiri yang menyukai kehidupan tenang. Binatang ini jarang sekali berinteraksi dengan binatang lain. Kalau sesekali kita melihatnya berkelompok , kemungkinan karena binatang - binatang itu sedang berjemur di panas matahari.
Liang penyimpanan Telur
                Selain menggali satu liang untuk menyimpan telurnya , iguana yang baru bertelur juga menggali beberapa liang palsu untuk mengelabui binatang yang ingin memakan telurnya.
Menghadapi Pemangsa
                Iguana hijau memiliki beberapa cara untuk menghadapi pemangsa, seperti melarikan diri, menggertak balik dengan mengembangkan jumbai-jumbai di lehernya atau dengan menggigit dan mencambukkan ekornya. Selain itu, jika dekat dengan air, iguana hijau bisa melompat ke air dan berenang menjauh dari pemangsanya.
dipelihara sejak tahun 1995
Fakta menarik yang satu ini , bahwa sejak 1995 , iguana Hijau mulai banyak dipelihara sebagai binatang peliharaan.
Perbedaan jantan dan betina
                Perbedaan mencolok untuk membedakan Iguana Hijau yang Jantan dan Betina adalah Jumba- jumbai yang berada di lehernya , jika Iguana Hijau Jantan lebih besar, maka yang Betina tidak dilengkapi oleh jumbai- jumbai tersebut.

MENYIAPKAN KANDANG IGUANA
Membuat ukuran kandang iguana
Sebelum Anda membeli iguana, sebaiknya kandang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Pilih kandang yang ukurannya sesuai dengan ukuran iguana yang dipelihara. Namun, sebenarnya semakin luas kandang maka semakin baik karena ruang gerak iguana semakin luas. Umumnya, ukuran kandang standar untuk iguana adalah panjang 2,5 – 3 m, lebar 1,2 – 1,5 m, dan tinggi 1,8 m.
Memilih alas kandang
Iguana sering menggunakan lidahnya untuk mengidentifikasi benda yang berada di sekitarnya, termasuk benda yang tergeletak di atas alas kandang. Oleh karena itu, pilihlah bahan alas kandang yang aman. Hindari penggunaan alas yang beracun bagi iguana. Alas yang berbahan serutan kayu juga tidak baik digunakan sebagai alas karena bahan tersebut bisa tertelan oleh iguana. Gunakan kertas koran atau kertas bekas sebagai alas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alas berbahan jenis karpet karet. Salah satu ciri alas yang baik adalah mudah dibersihkan.
Iguana merupakan binatang pemakan tumbuhan, oleh karenanya, makanan yang diberikan berupa 40-45% hijau-hijauan, seperti seledri ; 40-45% berupa sayuran, seperti buncis, kacang-kacangan, kacang polong, kacang ijo, asparagus, okra, alfalfa, bawang, jamur, paprika, kentang, labu kuning, dan wortel, serta 5-10% berupa buah-buahan, seperti blackberry, stroberi, raspberry, anggur, mangga, melon, pepaya, pisang dan apel. Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit. Berikanlah variasi makanan yang berbeda jenisnya. Sebab, jika hanya memakan satu jenis makanan saja, dapat mengakibatkan pertumbuhannya terhambat dan bisa terjadi kekurangan nutrisi atau gizi.
Reptil tidak dapat mengolah vitamin D dengan sendirinya tanpa bantuan sinar ultraviolet. Oleh karenanya, iguana membutuhkan paparan sinar matahari pagi. Letakkan iguana dalam akuarium di dekat jendela atau di bawah paranet. Dengan mendapatkan kecukupan sinar matahari, pertumbuhan iguana menjadi pesat dan tubuhnya menjadi kuat. Agar tulangnya kuat, tambahkan pula suplemen sumber kalsium. Iguana berasal dari habitat yang bersuhu tropis sehingga perlu tempat yang hangat. Oleh karena itu, aturlah suhu yang sesuai dengan habitat aslinya. Suhu kandang yang baik berkisar 26-29C. Sementara suhu untuk tempat berjemur diatur sekitar 32-35C.
Jaga kesehatan iguana dengan sinar UV
Sinar ultar violet (UV) baik untuk menjaga metabolisme dan pertumbuhan tulang pada iguana. Tanpa sinar ultra violet, iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sediakan lampu sinar UV yang sesuai untuk iguana. Di toko-toko yang banyak sekali dijual jenis lampu UV-B dengan beragam kegunaan untuk reptil. Namun, sinar UV-B dalam lampu hanya bertahan sekitar 6 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, biasanya tingkat terang lampu akan sedikit memudar dan UV-B sudah hilang. Oleh karena itu, untuk selalu memberikan kesehatan optimal untuk iguana Anda, gantilah lampu UV-B setiap 4-6 bulan.
Mengatur kelembaban
Iguana menyukai kelembaban sekitar 65-75%. Kelembapan yang sesuai kebutuhan membuat iguana nyama sehingga pertumbuhan optimal. Jika suhu udara terlalu tinggi (panas), Anda bisa meningkatkan kelembapan dengan pengairan yang menggunakan mesin. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan kandang menggunakan air bersih sehari dua kali sehingga kelembapan kandang dapat dipertahankan.

TIPS RAHASIA
Memilih Iguana
Dipasaran, jenis iguana yang banyak diperjual-belikan ada dua macam, yaitu iguana green iguana colombia dan elsavador. Selain jenis tersebut, masih ada iguana laut. Namun, iguana jenis ini merupakan binatang yang dilindungi (appendix 1 cites) sehingga tidak bisa dipelihara sebagai binatang kesayangan, kecuali atas izin dari pihak tertentu.


Perkuat otot dengan berolahraga
Meskipun iguana sangat suka diam dan bersantai, tetapi hewan ini jarang yang obesitas karena porsi makanannya pas. Namun, bukan berarti iguana tidak akan mengalami obesitas dan tidak membutuhkan olahraga. Iguana butuh olahraga agar otot-ototnya kuat, apalagi untuk sang betina yang akan mengeluarkan telurnya. Berenang sangat bagus untuk iguana. Kenyataannya mereka adalah perenang yang andal dan sangat menyukai air. Iguana juga dapat dilatih untuk berjalan-jalan bersama Anda. Olahraga ini bermanfaat juga bagi iguana untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk tubuhnya. Gunakan tali khusus iguana yang pas dengan tubuhnya (tidak kekecilan atau kebesaran) ketika mengajaknya berjalan-berjalan.


Memotong kuku
Kuku merupakan bagian tubuh yang pertumbuhannya cepat. Kuku pada iguana berfungsi untuk melindungi daging yang ada di bawahnya. Kuku juga berfungsi mencengkeram permukaan tanah atau kayu ketika iguana sedang berjalan. Namun demikian, kuku yang terlalu panjang juga akan mengganggu iguana ketika sedang berjalan. Oleh karenanya, potong kuku iguana secara rutin, kira-kira 2 minggu sekali. Gunakan gunting khusus untuk memotong kuku iguana agar hasil potongannya rapi.


Mengawinkan iguana
Iguana merupakan binatang yang berkembang biak dengan bertelur. Agar bisa ditetaskan, telur harus dibuahi oleh jantan. Hal ini terjadi melalui proses perkawinan. Agar proses perkawinan terjadi secara efektif, masukkan induk jantan dan induk betina dalam satu kandang. Faktor makanan juga sangat mendukung terbentuknya telur yang fertil. Saat sebelum kawin, berikan makanan yang berkualitas dalam jumlah yang cukup, baik bagi iguana jantan maupun iguana betina.

MAKANAN IGUANA
Iguana memakan hampir semua buah atau sayur yang anda berikan kepada mereka, Tapi tidak berarti ini baik untuk iguana. Diet yang baik terdiri dari berbagai macam makanan/variasi dan bergizi. Bertentangan dengan kepercayaan yang ada bahwa selada Romaine adalah makanan yang buruk bagi iguana, sebenarnya  selada Romaine adalah pilihan yang lebih baik untuk makanan iguana, walaupun bukan yang terbaik. Iguana menyukai labu dan sejenisnya. Mereka juga suka makanan yg berwarna hijau. Bayam memiliki zat besi yang tinggi, tapi porsinya pemberiannya harus dijaga pada tingkat minimal karena dapat menghabiskan vitamin & mineral lain pada tubuh iguana anda.
Kembang sepatu adalah favorit iguana. Mereka juga menyukai jeruk, melon serta semangka. Iguana menyukai segala macam buah, tapi berhati-hatilah jika buah itu memiliki biji. Anggur yang dipotong & dibuang bijinya akan menyediakan kelembaban yang diperlukan.
Cara terbaik untuk mempersiapkan makanannya adalah dengan food processor. Cukup tempatkan semua makanan didalamnya dan potong tergantung ukuran tubuh iguana (semakin kecil iguana, semakin kecil makanan yang harus diberikan). Iguana adalah makhluk yang cerdas. Mereka memilih makanan favorit mereka dan tidak akan mau memakan sisanya. Iguana tidak akan mendapatkan keseimbangan gizi yang dibutuhkan jika hanya makan makanan favoritnya. Sebelum memberikan makanan apa pun ke iguana, makanan harus ditaburi dengan vitamin untuk reptil. Iguana membutuhkan sejumlah kecil protein dalam makanan mereka. Anda dapat menyediakannya dengan salah satu cara dibawah ini.
1. Campurkan putih telur rebus yang dilumatkan dalam makanannya atau,
2. Berikan  jangkrik dan membiarkan iguana menangkap mereka.  Berburu dan memakan  jangkrik akan membuat iguana sedikit lebih agresif.
Aspek yang paling penting dalam pola makan iguana adalah keseimbangan.
Pastikan untuk memberikan vitamin dan berbagai macam makanan sehat. Jika iguana lesu atau mempunyai benjolan atau bahkan mulai lemas, bawa segera ke dokter hewan! Ini adalah tanda-tanda penyakit metabolik tulang. Penyakit ini adalah penyakit yang mematikan jika tidak segera dirawat oleh dokter. Iguana saya juga makan makaroni dan keju & kadang makan pizza serta donat dan jenis jajanan yg lainnya. Ini tidak akan membahayakan selama pola makan iguana seimbang. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai makanan sehat dan mencari tahu apa yang paling disukainya. Anda selalu bisa mencampurkannya ke dalam makanan yang tidak begitu disukainya.

TIPS BAGI IGUANA YANG STRESS
KEBERSIHAN KANDANG
                Iguana termasuk binatang yang mudah stress . Jika dia dipelihara di dalam kandang, biasanya kandang itulah penyebab utama stressnya. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan kandangnya. Kandang yang kotor membuat iguana mudah terserang penyakit.
MEMPERHATIKAN MAKANAN
                Agar iguana tidak mudah terserang penyakit dan tidak ganas, pemberian makanannya harus diperhatikan. Jangan pernah memberinya daging atau hewan liar. Karena hal tersebut dapat membuat iguana anda menjadi ganas. Usahakan selalu memberikan sayur dan buah-buahan segar.
CIRI-CIRI IGUANA STRESS
Karena iguana adalah hewan yang mudah stress, maka wajib bagi anda yang memeliharanya untuk mengenali cirri-ciri iguana yang sedang stress. Tidak nafsu makan, galak, warna kulit berubah jadi gelap adalah contoh dari gejala iguana yang sedang stress.
Solusinya, anda terlebih dahulu harus memerhatikan makanannya. Mungkin makanan yang anda berikan kurang menarik baginya. Selain itu anda juga bisa memindahkannya ke tempat yang lebih tenang. Dan berikan minum dan suplemen yang ditaburkan di makanannya. Harapannya agar dia tidak stress dan energy yang terbuang saat stress dapat pulih lagi.
Tentunya merawat iguana dibutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih. Dan jangan lupa meberikan dia vitamin. Oh ya, hindarkan dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus, kucing, dan anjing.

CARA MENGETAHUI IGUANA YANG SAKIT
                Iguana yang sedang sakit biasanya menjadi lemas dan tidak seaktif saat sehat. Tapi bagaimana jika yang sakit adalah organ dalam tubuhnya? Caranya tidak begitu sulit. Anda dapta mengetahuinya dengan cara berikut ini:
1.       amati warna dari feses
kotoran iguana terdiri dari dua bagian bahkan kadang-kadang tampak seperti tiga bagian
pertama adalah pelet feses/ dikatakan MASSA. pada keadaan normalnya berwarna cokelat gelap
atau kehitaman. pada keadaan tertentu(sakit) terkadang feses iguana berwarna hijau tua.

2. amati fisik dari feses iguana!!
saat iguana masih bayi feses terlihat agak mirip kelinci pelet feses: tunggal, separti
potongan bujur telur. Namun ketika dewasa, massa feses keluar memutar hampir seperti bentuk DNA (duble heliks). biasanya feses dari iguana tidak tidak terlalu encer dan tidak juga terlalu keras.

haharga baby iguana hijau per ekor sekitar Rp200.000

24 komentar:

Damas mengatakan...

nice info gan

Ari Zainal Fanani mengatakan...

tengkyu gaan

Anonim mengatakan...

thanks gan

fananot mengatakan...

oke gaan. semoga bermanfaat.

Unknown mengatakan...

Mantap info nya bermanfaat sekali gan

Unknown mengatakan...

Mantap info nya bermanfaat sekali gan

Ari Zainal Fanani mengatakan...

thanks gan..

Unknown mengatakan...

Sip gan

Anonim mengatakan...

iguana tidak boleh diberi makan makanan yang mengandung protein hewani (telur, jangkrik), bisa menyebabkan kidney failure.

Unknown mengatakan...

iguana sebenarnye makan serangga ke buah??

Unknown mengatakan...

kalo liar gmn gan? iguanaq dah lm bget g d pegang dah galak.. mau dpgang nyakar n nyambuk akhirnya d taro d kandang aja hiks :(

Unknown mengatakan...

kalo liar gmn gan? iguanaq dah lm bget g d pegang dah galak.. mau dpgang nyakar n nyambuk akhirnya d taro d kandang aja hiks :(

Unknown mengatakan...

Emang ada harga baby green igy yg 200 ribu ? Skrng aja plinh murah 300 jnis elsavador

Anto mengatakan...

Pingin juga punya Iguana

Unknown mengatakan...

Boleh info ny yg hrga 200 ribu it dmna ya

Unknown mengatakan...

Boleh info ny yg hrga 200 ribu it dmna ya

Unknown mengatakan...

ini postingan tahun 2012 bos bos sekalian, pas tahun itu memang pasaran baby green Iguana harganya 200K. Tp terakhir desember 2015 kemarin saya cek di pasar hewan harganya 300-400k.
ket: tempat di surabaya (pasar burung bratang dan gunung sari)

Unknown mengatakan...

Ka'.. iguana ku hari ini lemes banget gak ada geraknya sama sekali. Perutnya juga terlihat lebih gemuk. Dia selalu ngebuka mulutnya bahkan saat dia tidur. Seharian ini dia udah BAB 2x, warnanya kuning pucat gitu dan lembek bukan encer. Iguana ku kenapa yaa ka'? Apa dia sakit ? Sakit apa ka'?? Tolong jawab yaa ka.. Aku gak mau iguana ku kenapanapa..

Unknown mengatakan...

Ka'.. iguana ku hari ini lemes banget gak ada geraknya sama sekali. Perutnya juga terlihat lebih gemuk. Dia selalu ngebuka mulutnya bahkan saat dia tidur. Seharian ini dia udah BAB 2x, warnanya kuning pucat gitu dan lembek bukan encer. Iguana ku kenapa yaa ka'? Apa dia sakit ? Sakit apa ka'?? Tolong jawab yaa ka.. Aku gak mau iguana ku kenapanapa..

Unknown mengatakan...

Masuk Pak eko Tipsnya

Alumni SMPN 6 Bekasi Angkatan 88 mengatakan...

Pohon apa ya yg cocok utk tempat tidurnya

Diskusi & tanya seputar iggy mengatakan...

Mau tanya gan!
Iguana saya kalau dimasukan kandang warna mnya hitam.
Kondisi kandang
1. Selalu saya bersihkan
2. Posisi iguana tersebymut ada di bawah, diatasnya ada iguana yg lebih besar dari dia
3. Beberapa alas iguana, saya pakai kayu
4. Ukuran kandang lumayan besar
5. Makanan : toge, wortel, labu, kangkung, terkadang daun pepaya yg sangat muda, terkadang pisang. Dan daun sawi tidak suka

Apakah ada yg kurang dari hal tersebut diatas ya sehingga berubah hitam! Ataukah harus saya pindah, yg besar dibawah, tapi yg lebih kecil ada di atas!?

Dan sisi lain, makanya jadi berkurang

Unknown mengatakan...

Dijual 8 ekor green baby iguana daerah medan tembunh, pancing, wa (081370086608)

Jaka Jakus mengatakan...

Juara Info nya makasi gan 👍👍👍

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More