Sabtu, 24 Maret 2012

COMMON SNAPPING TURTLE

Common Snapping Turtles dapat tumbuh sampai ukuran sangat besar, rata-rata 20-40 cm. tempurungnya biasanya berwarna cokelat, kasar dan biasanya juga ditumbuhi alga. Common Snapping Turtles dapat ditemukan di perairan mulai dari sungai bergerak lambat untuk stagnan kolam. Meskipun kura-kura ini telah menerima reputasi buruk karena diduga menggigit perenang dan makan bebek bayi, pada kenyataannya dia sangat pemalu di dalam air dan akan mundur dari apa-apa kecuali makan siang. Akan tetapi kura-kura ini memang sangat agresif, coba saja dekatkan tangan anda ke kaca aquarium tempat memeliharanya, pasti
“ctok” dia langsung menyerang. Dan jika diberi makan mangsa hidup dia pasti mengejarnya. Serangannya pun sangat cepat. Jadi, hati hatilah dengan kura-kura yang satu ini. Di darat, ketika terancam dia akan mempertahankan dirinya dengan mendesis sambil berdiri dengan empat kakinya (seperti sedang mengambil kuda-kuda) dan menggoyangkan tubuhnya  ke belakang dan sebagainya. Pada dasarnya Common Snapping Turtles makan bangkai, reputasi mereka untuk membunuh bayi bebek hanya bisa datang dari lebih banyak atau sejumlah bebek bayi yang sakit dan hanya jika makanan Snapper di lingkungannya habis.


Common Snapping Turtles adalah kura-kura air tawar yang hidup di Amerika. Ada tiga spesies: Alligator, Common, dan Florida Snapping Turtles. Kura-kura Alligator snappers adalah yang terbesar dari kura-kura air tawar Amerika Utara. Mungkin sampai 60 cm dan berat 90 kg!

Common Snapping Turtles memiliki kepala yang besar yang tidak dapat ditarik ke dalam tempurungnya yang kecil. Mereka mengandalkan pada rahang mereka yang kuat untuk pertahanan dan dapat menggigit keras jika terganggu. Mereka tinggal di kolam stagnan, rawa dan sungai-berjalan lambat. Karena Alligator Snapping Turtle hidup bergantung terutama pada ikan, kura-kura ini sering disembelih oleh nelayan dan sekarang pada daftar terancam punah.

Common Snapping Turtles bisa mengendus bangkai (hewan mati), namun jika mereka sedang diet mereka dapat makan tanaman, burung kecil dan ikan. Mereka begitu agresif, dan telah diketahui pernah menyerang seorang perenang. Karena kemampuan mereka yang unik untuk mendeteksi daging mati dan membusuk, Common Snapping Turtles telah digunakan untuk membantu polisi untuk mencari mayat manusia.

Daerah penyebaran
Rentang kura-kura snappers membentang dari S. Alberta dan timur ke Nova Scotia di sebelah utara, dan ke selatan sampai ke Teluk Meksiko dan ke Texas pusat.

Karakteristik Fisik
Massa: 4,5-16 kg

Common Snapping Turtles biasanya memiliki panjang cangkang yang berkisar antara 8 -18,5"dan memiliki ekor hampir sepanjang tempurungnya. Ekornya bergerigi. Dan dapat menjadi hitam di beberapa individu. Snapping memiliki karakteristik tuberkel pada leher dan kakinya.. Plastrons sangat kecil dan kaki hampir mendekati lehernya, kaki, dan ekor memiliki warna kekuningan dan kepala agak gelap.

Sejarah Alam
Makanan Kebiasaan

Common Snapping Turtles akan memakan hampir apa pun yang bisa masuk ke rahang mereka. Mereka memakan bangkai, invertebrata, ikan, burung, mamalia kecil, amfibi, dan sejumlah besar mengejutkan vegetasi air. Common Snapping Turtles membunuh kura-kura lainnya didekapitasi. Perilaku ini mungkin teritorial terhadap kura-kura lain atau perilaku makan yang sangat tidak efisien.

Reproduksi
Perkawinan berlangsung dari bulan April sampai November. Dalam proses perkawinan, posisi laki-laki sendiri di atas tempurung betina dengan memegangnya dengan cakarnya. kemudian ekornya berkontak dengan ventilasi betina. Saat inilah terjadinya pembuahan. Setelah telur telah berkembang cukup pada betina, ia menggali lubang, biasanya di tanah berpasir, dan meletakkan sebanyak 83 telur. Telur membutuhkan waktu 9-18 minggu untuk menetas tergantung pada cuaca. Menariknya, kura kura snappers betina kadang-kadang menyimpan sperma untuk beberapa tahun. penyimpanan sperma memungkinkan individu untuk kawin setiap saat sepanjang tahun independen ovulasi betina, dan juga memungkinkan betina untuk bertelur setiap musim tanpa perlu untuk kawin.

Perilaku
Common Snapping Turtles sanagt tidak sosial. interaksi sosia terbatas pada interaksi yang agresif antara individu, biasanya jantan. Kehidupan snappers sangat berkaitan dengan jumlah makanan yang tersedia. Common Snapping Turtles bisa sangat kejam ketika dikeluarkan dari air, tetapi mereka menjadi jinak ketika ditempatkan kembali ke air. Tapi terkadang masih sangat agresif. Common Snapping Turtles biasanaya ingin membenamkan diri dalam lumpur dan hanya lubang hidung dan mata yang terbuka. Perilaku mengubur digunakan sebagai alat ambushing mangsa. Common Snapping Turtles memiliki pertumbuhan kecil di bagian depan lidah mereka yang mirip cacing menggeliat. Untuk menangkap ikan, mereka membuka mulut untuk membuat "worm" terlihat. Ketika ikan datang untuk menyelidiki iming-iming,mereka langsung menerkam ikan tersebut dengan sangat kuat.

Habitat
Common Snapping Turtles hanya hidup di air tawar atau payau. Mereka lebih memilih badan air yang sebagian dasar berlumpur dan terdapat vegetasi yang berlimpah karena penyembunyian lebih mudah.

 Konservasi / Keanekaragaman Hayati
populasi Common Snapping Turtles  hampir punah atau bahkan terancam. Habitat penghancuran bisa menimbulkan bahaya untuk memotret populasi penyu di lain waktu. Beberapa orang memburunya

Ekonomi Manfaat bagi Manusia
Positif
Common Snapping Turtles digunakan oleh banyak orang di rebusan penyu dan sup. cangkang kura-kura Snapping digunakan dalam upacara banyak di antara penduduk asli Amerika. tempurung dikeringkan dan dipasang dengan biji jagung di dalamnya untuk digunakan sebagai mainan kerincingan.
Negatif
Common Snapping Turtlesvmengkonsumsi ikan muda dari beberapa tempat. Kura kura ini dianggap sebagai hama.

Harga
Kura kura ini harganya lumayan mahal, untuk anakan harganya sekitar 500ribuan. Seingat saya sih sekitar 500ribu/ekor (poko’nya dibawah harga alligator snappers yang seukuran).

17 komentar:

Unknown mengatakan...

Mau nanya nih kenapa common snapping saya gak mau makan sih?

Ari Zainal Fanani mengatakan...

Sebenarnya saya kurang tau juga gan, soalnya blm pernah keturutan piara nih kura kura. Tp berdasar pengalaman piara hewan biasanya ga mau makan itu gara-gara stress atau emang masih kenyang aja kura kuranya. Tergntung apa yg dikasihkan makanannya dan bagaimana kondisi hewannya saat itu.

Unknown mengatakan...

Gan, kalo CST saya digabung sama bulus dan kura-kura brazil yang seukuran (sama2 masih bayi) bakal berantem gak ya?

Ari Zainal Fanani mengatakan...

wah kalo menurut postingan saya yg diatas ini sudah jelas kelakuan nih CST agresif, jd mending jangan dicampur gan. mending di sendiriin aja. Tp kalo mau coba coba gpp sih, tp saya ga tanggung jawab. hehe
sebenernya juga kurang tau saya ini. :D

Unknown mengatakan...

Gan, mau nanya lagi nih, sayuran yang cocok buat common snapping turtle apa ya??

Ari Zainal Fanani mengatakan...

Wah sebenarnya sih saya juga kurang tau om. Setau saya sih si CST ini karnivora. Tp dikasih makan makannan kura kura yang butiran itu juga mau..

david aryanto mengatakan...

dimana saya bisa membeli CST pejantan??

ryan mengatakan...

Saya ada CST tapi gak tahu jantan apa betina

ryan mengatakan...

Saya ada CST tapi gak tahu jantan apa betina

Enny Nurcahyawati mengatakan...

saya baru punya Common Snaping,.. baru perkenalan saya coba memberikan makanan kucing, mau juga dan ayam rebus dipotong. Dan yg saya mau tanya, kenapa ya ekor nya ada bekas dipotong, knp?

Unknown mengatakan...

Common snapping turtle kalo dikasih pelet ikan mau ga sih?

Unknown mengatakan...

Common snapping turtle kalo dikasih pelet ikan mau ga sih?

Unknown mengatakan...

Car membedakan cst jantan dan betina dari mana nya yaa??

Unknown mengatakan...

Aman kok gan saya cst ast fst di gabung kira kira ukuran 8 cm .dan semua di kasi makan tuna daging sapi

Unknown mengatakan...

Makanan utama nya daging om sama ikan .kalom dimasi pelet ntar dia lemes gak berdaya .sama kayak oom kalok dikasi sayurrr doang gak ada lauk gmana

Unknown mengatakan...

ketauan klw sudah 14 cm... dari perut bawahnya...

kontul mengatakan...

munkin pas lo pergi dipotong ekornya ama anak lo

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More