Jumat, 02 Maret 2012

JEMBATAN SURAMADU

Jembatan surabadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia yang diresmikan tahun 2009 adalah jembatan yang menghubungkan antara dua pulau (Jawa dan Madura) dan menghubungkan dua kota di dalamnya, yaitu kota Surabaya dan Bangkalan. Jematan ini juga menjadi landmark yang membanggakan kota Surabaya.
Jembatan ini terletak di kawasan Surabaya Timur, membentang dari jl. Kedung Cowek (sekarang jl. Moh Noer) di Surabaya sampai kota Bangkalan, Madura. Dan merupakan penyeberangan mobil dan motor. Harga tiket untuk motor Rp2.500, untuk mobil Rp30.000 untuk sekali seberang.
Jembatan utama terdiri atas tiga bagian, yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter. Jembatan utamanya menggunakan kontruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan kontruksi komposit setebal 2,4 meter. Dan untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi selat Madura, jembatan ini memberikan ruang setinggi 35 meter dari permukaan laut.
Dari sana kita dapat melihat kemegahn kota Surabaya. dan pada malam hari, dari jembatan ini terlihat gebyarnya lampu kota. Tapi sayangnya tidak ada angkot yang melewati jembatan ini. Jembatan ini memang lebih asyik dilewati dengan kendaraan pribadi.


Saya ada pesan nih buat pembaca, khususnya untuk yang senang bepergian. Di jalan lurus menuju jembatan ini sering ada pemeriksaan surat-surat dan kelengkapan kendaraan bermotor. Jadi untuk yang belum memiliki SIM hati-hatilah. Karena dulu saya pernah jadi korban atas kesalahan saya sendiri. Tapi saya masih terbilang beruntung kena operasinya di area Surabaya, coba kalau saya sudah melewati jembatan dan sampai di Madura terus kena operasi di sana. Jadi semakin repot karena harus mengikuti siding mengambil STNK saya kembali di kota Bangkalan.

Ini adalah foto saya dan teman-teman saya saat masih duduk di kelas 10SMA (2010). Saat itu kami juga hampir terjaring operasi, tapi kita dapat menghindar dengan cara putar balik sangata jauh dan sempat kesasar. hehe


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More