Jumat, 09 Maret 2012

SUNAN AMPEL


Ampel adalah sebuah kampung arab dan di sana anda akan menjumpai suasana yang khas dan unik. Di samping sebagai tujuan wisata religi di Surabaya, kawasan ini memiliki daya tarik dalam banyak hal.
Sebagaimana tertulis di kitab pengging teracah, raja brawijaya meminjamkan sebidang tanah (tanah ampilan yang kemudian tanah tersebut popular dengan sebutan ampel, ampil dalam bahasa Jawa berarti pinjam) kepada Raden Achmad Rahmatullah beserta pengikutnya untuk digunakan sebagai basis penyebaran ajaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa.
Di antara pengikut Raden Achmad Rahmatullah adalah Ki Wirosaroyo (saat ini makamnya terletak di jalan Kembang Kuning). Ia memuliki putri bernama Karimah yang kemudian dipersunting oleh Raden Achmad Rahmatullah yang dikenal sebagai sunan ampel.
Di Surabaya Sunan Ampel kemudian membangun sebuah masjid kecil di daerah kembang kuning yang hanya berukuran 12X12 meter. Sepintas bentuknya mirip cungkup alias atap sebuah makam. Lantainya yang tinggi dengan falsafah siti inggil membawa makna bumi/tanah yang posisinya lebih tinggi sebagai sarana bermunajat kepada Allah. Masjid yang dibuat oleh Raden Rahmad ini kemudian kita kenal sebagai masji Rahmad Kembang Kuning.


Saat ini masjid Ampel satiap hari ramai dikunjungi banyak rombongan wisatawan. Di lokasi ini selain berziarah ke makam Sunan Ampel serta para tokoh penyebar Islam lainnya, pengunjung juga bisa berbelanja pernak-pernik busana muslim, buku-buku agama Islam di sepanjang Jl.Sasak, dan berwisata kuliner dengan aneka makanan khas Arab. Dan dikawasan ini banyak dihuni orang dari keturunan Yaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More