Jumat, 09 Maret 2012

MASJID AL AKBAR (MASJID AGUNG)


Masjid Al Akbar Surabaya yang sering juga disebut Masjid Agung ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah masjid istiqlal Jakarta. Masjid ini terletak di Jl.Pagesangan Surabaya. Masjid agung ini dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan tanggal 10 November 2000 oleh Presiden RI K.H Abdurrahman Wahid.
Letak Masjid ini di samping jalan tol Surabaya-sidoarjo dan jalan tol baru Surabaya-Mojokerto (kalau ga salah). Dari jalan itu anda dapat melihat kubah besar masjid ini. 1 buah kubah besar dan 4 buah kubah kecil yang berwarna biru dan ada menara setinggi 99 meter. Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang masjid ini adalah 22.300 meter2, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Dan keunikannya adalah pada kubahnya yang berbentuk setengah telur dengan  1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter. Cirri lain dari masjid raksasa ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid yang tinggi dan besar dan mihrabnya sendiri adalah mihrab yang terbesar di Indonesia.


Specialnya lagi pada saat bulan ramadhan, di masjid ini sangatlah ramai. Saat sore hari menjelang buka puasa, di sekitar masjid banyak dijumpai warung dan tenda tenda serta PKL PKL yang lain menjualkan makanannya. Tapi jika anda tidak membawa uang, jangan khawatir, langsung saja masuk ke masjid lalu lihatlah di sekeliling, pasti ada takmir masjid yang membagikan takjil. Sebelum sholat anda akan dikasih air minum dan kurma. Setelah minum dan memakan kurma, ambillah air wudlu lalu sholat. Sholat di sini lumayan lama, bukan lumayan sih, tapi memang lama. Nah, setelah sholat di belakang pasti antrean mengambil takjil berupa nasi sudah ramai. Tidak jarang juga kalau banyak anak-anak yang bandel, sudah dapat nasi tapi ikut mengantre lagi. Sempat saya menjumpai ada anak yang seperti itu, namun orang yang membagikan nasi itu masih mengingat wajah anak tersebut dan berkata, “kamu tadi kan sudah dapat, sudah sana di makan nasinya”. Hahaha. Sudah ngantre dua kali, ternyata gagal untuk mendapatkan nasi yang kedua.
Sholat tarawih di sini juga member kesan tersendiri. Saya sih belum pernah ikut sholat di sini, tapi kata orang sholat tarawih di sini lama, surat pendeknya panjang-panjang. Karena hal tersebutlah saya selalu mematalkan niat saya untuk ikut tarawih di mesjid Al Akbar ini. Tapi kalau anda ingin ikut ya monggo, pasti ada kenangan dan pengalaman tersendiri yang akan anda dapat.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More